Add to Technorati Favorites

Rabu, Desember 15, 2010

BAGAN ALIR SIKLUS KEUANGAN DAERAH


Dalam rangka membangun logika berpikir yang komprehensif terhadap sistem dan prosedur pengelolaan keuangan daerah sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, diperlukan media untuk mempermudah memahami lingkup pengelolaan keuangan daerah. Dalam kaitan itu disusun bagan alir {flowchart) yang pada prinsipnya memuat serangkaian proses dengan menggunakan simbol-simbol yang lazim digunakan dalam menyusun bagan alir suatu business process. Setiap simbol memiliki arti yang menggambarkan sebuah makna, alur proses, dokumen, data base, pihak-pihak terkait atau unsur lainnya yang kesemuanya merupakan satu kesatuan sistem yang saling berhubungan untuk mencapai suatu tujuan.
Bagan alir tersebut terbagi kedalam dua jenis, yaitu Pertama bagan alir yang hanya menggambarkan arus dokumen, disertai narasi yang menjelaskan arus dokumen tersebut. Kedua, bagan alir yang menggambarkan secara teknis dan rinci terhadap proses pengelolaan keuangan daerah. Dengan menggunakan bagan alir ini, kita dapat melihat proses secara keseluruhan. Kedua jenis bagan alir tersebut merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi.
Sejalan dengan cakupan pengelolaan keuangan daerah, maka dalam bagan alir yang disajikan, proses pengelolaan keuangan daerah dibagi kedalam lima kelompok, yaitu : 
 1.          Penyusunan Rancangan APBD 
 2.     Dokumen Pelaksanaan APBD 
 3.       Pelaksanaan dan Penatausahaan Penerimaan dan Pengeluaran 
 4.        Akuntansi Keuangan Daerah 
 5.         Pelaporan Pelaksanaan APBD.
Dengan membaca secara menyeluruh bagan alir tersebut di atas, diharapkan kita memiliki kesamaan persepsi/pemahaman yang sama dan mampu menjelaskan kepada pihak-pihak lainnya secara baik dan benar tentang substansi pengelolaan keuangan daerah, sehinga dapat terhindar dari adanya penafsiran yang bias terhadap ketentuan yang harus dipedomani di dalam pengelolaan keuangan daerah sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

download file disini bagan alir siklus keuangan daerah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

This is a real bisnis.. cekidot download disini..

News and Tutorial

Berita Bisnis

Berita Teknologi

Berita Gaya Hidup

Berita Olahraga

Berita Hiburan

Fatawa Masyaikh